Wednesday, September 9, 2015

12 Trik Windows 10 Yang Penting Anda Ketahui

Windows 10 sudah resmi dirilis oleh Microsoft pada bulan Juli 2015 kemarin. Hanya saja, banyak di antara kita para pengguna baru Windows 10 merasa kebingungan dengan UI (User Interface)baru di Windows 10.
Namun, untuk beberapa pengguna tentu hal seperti ini menjadi tantangan tersendiri untuk meng-eksplore lebih dalam tentang hal baru di Windows 10. Di Windows 10 sendiri banyak fitur-fitur baru seperti Multi-desktop, Cortana dan kembalinya Start Menu yang hilang di Windows 8.
Kali ini, JalanTikus ingin memberikan tips dan trik yang bisa membuat kamu menjadi Master Windows 10, paling tidak dengan mengenal dasar-dasar di Windows 10 hingga bagian dalam Windows 10 yang mungkin belum kamu ketahui.

#1: Bermain dengan Start Menu Baru

Setelah sempat menghilang di Windows 8, kini Start Menu baru hadir di Windows 10, jika dilihat, Start Menu ini seperti gabungan dari Windows 8 dan Windows 7. Kamu juga bisa melihat Aplikasi Populer atau Aplikasi yang baru di-install melalui Start Menu ini.

#2: Merubah Ukuran Start Menu Sesuka Hati

Kamu bisa resize ukuran Start Menu di Windows 10, dengan menggeser setiap pojok dari Start Menu. Kamu juga bisa mengembalikan Start Menu menjadi Full Screen ala Windows 8 loh.

#3: Non-Aktifkan Live Tiles di Start Menu

Jika kamu pernah pakai Windows 8 atau Windows 8.1 tentunya kamu sudah familiar dan terbiasa dengan Live Tiles. Sama halnya di Windows 10, kamu juga bisa menon-aktifkan fitur ini jika kamu tidak menyukainya.

#4: Menghapus Tiles / Thumbnail di Start Menu

Jika kamu merasa aplikasi bawaan Windows 10 tidak begitu berguna dan hanya memenuh-menuhi Start Menu, Kamu bisa kok menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dan menggantinya dengan aplikasi kamu.

#5: Move & Resize Tiles / Thumbnail di Start Menu

Seperti yang sudah JalanTikus jelaskan, jika kamu pernah menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1 tentunya hal seperti ini sudah menjadi hal yang biasa.

#6: Tombol Shut down & Restart ada di Start Menu

Jika kamu kesulitan menemukan tombol Shut down dan Restart di Windows 8. Sebaliknya, di Windows 10 kamu akan dengan mudah menemukan tombol tersebut, cukup buka Start Menu, maka akan ada tombol Power di sana.

#7: Pin Aplikasi ke dalam Start Menu

Sebagai pengguna komputer, kita memiliki banyak sekali aplikasi yang ter-install. Sayangnya, tidak setiap saat kita menggunakan semua aplikasi tersebut, paling hanya beberapa aplikasi yang sering kita gunakan, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, atau bahkanSkype dan Yahoo Messenger!

#8: Quick Actions Toggles

Hampir mirip seperti Android, Windows 10 juga menyediakan toogle versi mereka sendiri. Jika kamu menggunakan Notebook yang memiliki WiFi atau Bluetooth, tentu jumlah toggle sendiri akan bertambah banyak.

#9: Udah Ga Jaman Pakai Password, Pakai PIN dong!

Di Windows 10 sendiri akan lebih optimal jika kamu menghubungkannya dengan akun Microsoft. Hanya saja, sangat tidak praktis jika setiap login ke Windows harus memasukan password terus. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan PIN, hebat lagi PIN ini tidak butuh menekan tombol "Enter".

#10: Multiple Desktop

Fitur yang bisa dibilang sebagai fitur paling menarik di Windows 10, yakni Multi-desktop. Dengan fitur ini, kamu bukan hanya bisa berbagi dan membedakan aplikasi pada setiap desktop, melainkan hampir mirip seperti memiliki banyak user yang berbeda namun tetap terhubung dengan cepat.

#11: Pindah Antara Desktop

Kamu bisa berpindah antara Desktop 1 ke Desktop 2 dengan cara yang mudah, cukup dengan menekan tombol Task View, di bagian bawah ada beberapa Desktop yang muncul, kamu juga bisa menambahkan Desktop dengan menekan tombol "New" yang ada di sebelah kanan.

12: Full Screen Start Menu

Meskipun Windows 10 hadir dengan Start Menu yang sudah diperbaharui, namun mereka tetap tidak menghilangkan Start Menu dengan gaya full screen. Buktinya, kamu tetap bisa mengaktifkan Start Menu secara full screen. Buka Personalization > Start > (Centang) Use Start full screen.