Friday, January 27, 2017

CARA MEMPERBAIKI PRINTER DENGAN KODE ERROR P22 PADA PRINTER CANON MP145/MP258/MP287

E P22 E P22 E P22 E P22.... Dan begitu seterusnya keterangan pada layar display printer ketika baru dinyalakan. Pasti temen-temen bingung kan jika baru pertama kali menemui kerusakan printer seperti ini ? Sama dulunya saya juga bingung sebenernya apa si penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? TENANG disini saya akan berbagi pengalaman cara mengatasi hal tersebut,hehe
yapp KODE ERROR E P22 itu disebabkan oleh scanner unit yang tidak berfungsi alias die. Kalo ga percaya coba deh temen2 matikan printer kemudian buka penutup scanner lalu hidupkan printer kembali lihat pergerakan lampu/film scanner apakah benda tersebut nyala kemudian bergerak ke kiri atau ke kanan jika tidak ada tanda2 kehidupan sama sekali maka dipastikan scanner unit bermasalah dan tidak berfungsi. Berikut tahap demi tahap cara memperbaikinya..

1. Buka cover printer bagian samping kemudian lihat letak mainboard cari kabel flexibel yang menghubungkan scanner unit ke daya listrik ,lihat gambar di bawah yang saya lingkari berwarna merah..
Coba cek apakah kabel flexibel mengalami kerusakan semacam berkarat atau kotor, atau mungkin mengelupas/sobek, jika iya perbaiki dan rapikan.

2. Mengarah ke kabel flexibel data yang fungsinya mentransfer/mengirim fila dari film scanner ke mainboard, lihat gambar dibawah yang saya lingkari berwarna merah..
Periksa dengan teliti apakah kabel flexibel mengalami kerusakan semacam berkarat atau kotor, atau mungkin mengelupas/sobek, jika iya perbaiki dan rapikan.