Saturday, February 4, 2017

TUTORIAL MEMPERBAIKI PRINTER CANON PIXMA INK CATRIDGE CANNOT BE RCOGNIZED





   Assalmu'alaikum.. Halo teman-teman apa kabar kalian semua? semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu ya Aamiin.. Oke kali ini saya ingin berbagi sedikit tips cara memperbaiki/mengatasi kerusakan tidak mendeteksi ink catridge pada printer canon pixma. Tuturial ini berlaku untuk semua jenis printer canon pixma yang mengguanakan sytem catrid sperti gambar yang terlihat dibawah ini..


Contoh printer yang menggunakan catrid jenis ini antara lain Canon Pixma iP1980/iP1700/iP2770/MP198/MP145 dan masih banyak lagi. Nah dan untuk cara memperbaikinya semuanya hampir sama, untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini..

1. Jika printer tidak mendeteksi catridge yang harus kita lakukan ialah menggosok bagian connector tembaga/kuningan  yang terdapat dibagian depan catrid, lihat gambar diatas yang di lingkari warna merah dan hitam. Gosok menggunakan stip/penghapus pensil, kalo kalian tidak tahu apa itu stip/penghapus pensil, maka bisa dipastikan masa kecil kalian kurang bahagia hehehe.. becanda!
2. Bila cara pertama tidak membuahkan hasil selanjutnya coba ganti catridge lama dengan yang baru, sebetulnya tidak harus baru ya bekas pun tidak masalah tetapi normal. Untuk menggantinya lakukan secara bergantian satu persatu misalkan yang hitam dulu kemudian catrid warna, tujuanya agar kita bisa mengetahui catrid yang hitam atau warna yang mati/rusak.
3. Selanjutnya jika kedua cara diatas tidak membuat perubahan pada printer langkah selanjutnya yang patut kita coba ialah memeriksa bagian connector dudukan catridge/rumahan catridge. Buka casing printer kemudian periksa dudukan catridge. Gambar dibawah contoh dudukan catridge:
Periksa bagian tembaga connetor dudukan catridge seperti gambar dibawah: coba perhatikan bagian pin tembaga bila pin tembaga menonjol keluar maka bisa dipastikan normal bila ada pin tembaga yang masuk kedalam coba tarik keluar pin menggunakan pinset. Gambar yang dilingkari warna merah contoh pin tembaga yang masuk kedalam:
4. Untuk cara yang ke 4 bila langkah-langkah diatas sudah dilakukan dengan benar dan tidak membuahkan hasil, yang harus kita lakukan ialah mengganti block dudukan catrid seperti gambar dibawah ini:
5. Dan yang terakhir jika semua cara diatas tidak membuat perubahan sedikitpun, maka sudah dapat dipastikan kerusakan priter terletak pada mainboard printer tersebut. Solusinya ganti mainboard dengan yang baru. Jika temen-temen kesulitan dalam mencari sparepart printer kalian bisa hubungi saya melalui contac dibawah:

Email: hendri.part12@gmail.com
WA: +6285291315396
SMS: +6285879473451
BB PIN: 577AB6DD


Terima kasih.. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.
Sampe jumpa di artikel berikutnya, Jangan lupa di Share ya!!
Wassalam..