Friday, April 14, 2017

Upgrade Epson T13 Mnjadi EPSON L100


        Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pernah suatu ketika di tempat saya bekerja ada seorang pelanggan membawa printer Epson L100 dengan kerusakan mati total, kemuadian kita melakukan pengecekan di beberapa part dan titik komponen antara lain unit power supply kemudian lanjut di bagian komponen dioda. Setelah melakukan diagnosa kami tidak menemukan ada kerusakan di titik2 tersebut, maka dapat disimpulkan kerusakan ada pada salah satu IC utama (otak dari mainboard tersebut). Oleh karena mengganti IC utama tidak memungkinkan karena ketersedian part itu sendiri tidak ada jadi solusi utama yaitu mengganti 1 unit mainbord. Kemudian kami konfirmasi ke user pemilik printer tersebut, ternyata dengan sangat kebetulan si user memiliki printer Epson t13 yang tak terpakai di rumah. Nah timbulah pemikiran di benak saya bagaimana jika kita melakukan kanibalisme pada kedua printer tersebut printer L100 mati total dan t13 tidak terpakai (rusak bagian printhead&unit penarik kertas). Jujur untuk melakukan upgrade mainbord t13 agar menjadi L100 (printer tanpa chip inktank) saya membutuhkan guru, karna hal tersebut belum pernah saya lakukan sebelumnya. Dan jawabanya ada di mbah Google si mesin pencari tercanggih menurut saya hehehe..
        Oke setelah saya googling sana sini dan akhirnya saya menemukan web untuk menjadi tutor saya kali ini, belum diketahui sumber utamanya artikel tsb tetapi web tersebut jadi rujukan masalah saya untuk kali ini,

Langkah pertama ubah dahulu printer epson T13 ini menjadi tanpa ciss, download software untuk mengubah epson t13 tanpa ciss disini.. , Cara menjalankan program tersebut seperti berikut :

  • Hubungkan printer ke PC dengan keadaan printer menyala
  • Jadikan printer tersebut sebagai printer default
  • Extract kemudian Buka file download tadi , jalankan file Download.bat
  • Maka LED printer warna merah akan blink 4x, matikan printer anda
  • Setelah langkah diatas selesai hidupkan kembali printer anda dan printer anda sudah berjalan tanpa CISS

Selanjutnya download resetter L100 disini.., extract resetter tersebut lalu jalankan “AdjProg  cracked.exe”, setelah resetter terbuka klik “Particular Adjustment mode”
 

Kemudian klik “Initial Setting”, lalu klik ok


Selanjutnya tandai “Initial setting” dan hilangkan tanda pada “Product Serial” , lalu klik “perform”


Setelah itu printer akan proses, setelah selesai klik ok
Kemudian matikan printer, lalu nyalakan kembali dan printer akan menjadi epson L100. Cara ini sudah saya lakukan dan berhasil.

Terima kasih sudah mampir ke blog saya, jika menurut anda artikel ini menarik silahkan share,copas, atau apapun itu, jangan biarkan ilmu berhenti di kita. Semoga bermanfaat..


                                                         Sumber https://sinarcomputerteknologi.wordpress.com/2015/06/23/upgrade-printer-epson-t13-menjadi-l100/